Merantau Again ?! Lillahitaala

Hari-hari ini begitu nostalgic.  Hampir 4 tahun yang lalu pun aku merasakan perasaan yang hampir sama.  Perasaan akan meninggalkan suatu kebiasaan  yang mungkin  bisa disebut juga zona nyaman.  Perasaan tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan.  Perasaan takut akan segala ketidakpastian.  Mudah-mudahan semua dapat dilalui dengan barokah.

Insya Alloh Senin ini aku akan berangkat ke luar negeri untuk jangka waktu yang lama.  2 tahun, bukan sebentar menurutku.  Tiket sudah di tangan, visa sudah di tangan, barang-barang hampir semuanya siap dipack di koper, checklist kelengkapan registrasi sudah baik tetapi akan aku periksa lagi nanti.  Kumpul meminta doa restu dari keluarga dan beberapa teman sudah dilakukan, tetapi masih saja ada yang mengganjal yang aku rasakan, yang akhirnya mendorongku membuat tulisan ini. Ya! Sepertinya,,  aku masih kurang meluruskan niatku sendiri.

Untuk apa sih jauh-jauh merantau ke Belanda? Alhamdulillah diberi kesempatan mengambil kuliah s2 mempelajari bidang ilmu elektro #lagi.  Padahal mungkin aku sendiri sudah mumet dengan hal-hal teknis, Apa karena mengambil s2 bisa melesatkan karir? Mungkin mengambil s2 di Belanda bisa menambah embel-embel titel M.Sc di belakang nama, Alhamdulillah juga mungkin bisa numpang nengok-nengok negeri eropa? Ya Alloh, aku nggak mau kufur, dan juga harus bersyukur,  karena itu akan kujawab dengan segala ikhtiarku, dan  yang aku coba mantapkan niatku sendiri melalui tulisan ini adalah,  semoga ke depannya nanti pada saat menjalani rantauan ini, aku nggak jauh dari ridho Alloh..

Percuma! Percuma aja punya karir yang melesat, percuma aja bisa numpang nengok-nengok negeri Eropa, Percuma aja mempunyai gelar M.Sc P.Hd MM MBa dan lainnya, kalau nantinya akan ada gelar, alm. di kemudian hari.  Percuma kalo dalam perjalanan rantuan ternyata jalannya nggak barokah dan makin jauh sama ridho Alloh. Percuma!

Banyak sekali hal yang terjadi 4 tahun ke belakang.  Proses yang membuat gemetar kalau diingat kembali, keputusan-keputusan yang mencemaskan diri sendiri dan semua pihak diambil, keikhlasan yang benar-benar diuji, tidak sedikit  air mata yang diseka, ikhtiar yang akupun heran dengan diriku sendiri kalau mengingatnya,  pemahaman bahwa saat rencana Alloh bermaksud lain dengan rencana kita maka teriakan batin kita terkadang melumpuhkan akal kita,  lalu bagaimana mengatasi teriakan batin itu dan menterjemahkannya dengan khusnudzan kepada Alloh . . . Semoga semua ini adalah jalan Alloh mendekatkanku padaNya, dan tidak menjadi suatu keangkuhan pada diriku karena sudah melalui semua itu..

Hidup ini kan sebuah usaha meraih ridho Alloh dengan menjalankan perintah-perintah Alloh yang bisa kita jalankan.  Yang akhirnya aku mengingat mengapa aku sangat berjuang untuk sekolah ke luar negeri karena ada perintah Alloh lainnya yang belum berhasil aku laksanakan, mungkin Alloh belum mengizinkan setelah ikhtiar-ikhtiar  yang kulakukan untuk meraihnya, dan daripada terus nelongso , lebih baik melakukan sesuatu yang lebih berarti dengan  tujuan menuntut ilmu,  dan HIJRAH merantau.

من سلك طريقاً يلتمس فيه علما سهل الله له طريقاً إلى الجنة

“Barang siapa menití jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah memudahkannya jalan menuju syurga.”[Shahih, HR Muslim](RJ2, m/s 76)

al mulk

Yaa Alloh yang Maha Mengetahui segala isi hati, bagaimanapun proses yang akan kudapati di luar negeri sana nanti, semoga aku melakukan ini semua hanya untuk Mu, Lillahitaala. Hanya untukMu, hanya untukMu, hanya untukMu !   Dekatkanlah aku dengan  ridho.Mu, dan jangan jauhkan.   Jangan jadikan aku orang yang melupakan pemahaman ‘sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain’.  Jadikan aku orang yang lebih deket sama rahmatMu.  Yaa Alloh mudahkanlah urusanku dan jangan dipersulit.  “Rabbi yassir wala tu’assir, rabbi tammim bil khoir”

Rabbi_Yasser_by_Ultradragon

dan tentu saja,,

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

aamiin.

Wallahualambishshawab

#curhatancalonperantau

6 thoughts on “Merantau Again ?! Lillahitaala

  1. very nice. mengingatkan saya lagi arti dari gelar sekolah yang didapat dan perantauan demi perantauan yang ditakdirkanNya.
    Barakallah🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s