malulah hei orang berada

Kemarin sore di west borneo sy sedang mencari tukang sol sepatu, dikarenakan malamnya ada janji belajar tenis di GOR ayani, dan sepatu pemberian kakak sudah jebol akibat permainan futsal terakhir, maka berangkatlah saya mencari seorang mr. Sol sepatu, yang ternyata bisa ditemukan di pinggir jalan tanjungpura.

Saya parkir motor saya, ambil sepatu jebol saya, saya berikan kepadanya -seorang tukang sol sepatu yang nggak terlalu tua- dan saya kembali untuk duduk di motor saya.

Karena beberapa detik sudah bosan duduk di motor, maka saya melirik bangku duduk di samping abang sol sepatu, dan duduklah saya, seperti biasa, pertanyaan andalan sy saat d rantau,
“Asli sini Bang?”
“Iye bang”, jawabnya.

Dan pembicaraan kami terus berjalan mulai dari profesi, tempat kelahiran, sudah belum berkeluarga, kondisi-kondisi kota di rantau dan di kampung halaman. Abang tukang sol sepatu ini sejak smp sudah ngesol sepatu. Sudah menikah pada tahun 97, dan usaha sampingan selain ngesol sepatu yaitu, bawa2 pompa angin supaya ada yang bisa ditolong kalo ban motornya kempis di tengah jalan.

Terbandingkan dengan sy yang sejak lahir udah idup kecukupan, di sisi lain masih saja ada jiwa-jiwa yang untuk makan saja sulit.. Memang tiap-tiap jiwa punya permasalahan dalam kehidupan yang beranekaragam..

Dan di sela-sela perbincangan kami, sambil dia membetulkan sepatu saya, tiba-tiba dia berkata kepada saya

“ya Bang Alhamdulillah, yang penting halal Bang”,

sejenak setelah kata-kata seperti itu terucap dari bibir seorang tukang sol sepatu, dengan pasrah ikhlasnya, tiba2 membuat sedih, kaget terharu, agak merinding. Rabb, kalau memang ada orang yang bertawakal mengejar rezeki dan ridhoMu sebegitu kuat dan jujurnya, lancarkan rezeki dan ridhoMu,,

Pertemuan singkat dengan bang tukang sol sepatu di Pontianak sangat mengharukan, semoga tetap mendapatkan inspirasi dari orang-orang seperti itu, di manapun saya berada nanti. Around Indonesia, and around the world ;p.

Wallohualam

Leave a Reply

