Kaya dan Miskin

Seperti yang kita ketahui memang manusia ini hidup di dunia sebagai jembatan ke akhirat nanti.. Tapi ngerasain sendiri kalau di dunia ini ada yang kaya, ada yang miskin… Maksud kaya dan miskin ini bukan hanya pada duit.. Tapi kaya dan miskin segala elemen.  Bukan kaya dan miskin kemampuan dan skill, tapi kaya dan miskin segala elemen. Tidak juga hanya kaya dan miskin teman.. Tidaklah sesederhana itu

 

Kaya dan Miskin, , adalah suatu hal yang berkebalikan tetapi saling berpasangan, kalau di pelajaran Rangkaian Elektrik adalah suatu dualitas..  Ngelihat orang tuh beda-beda kekayaan dan kemiskinannya, ada yang jadi presiden, ada yang jadi pengusaha kaya, ada yang jadi dai sukses, ada yang jadi pedagang biasa, ada yang jadi pengemis bahkan.

 

Allah Maha Adil.. Bukan berarti seorang Dai yang kaya ilmu agamanya bisa mendapat ridho-Nya dan masuk surga.. Bukan berarti si  X yang rajin solat wajib n sunat bisa mendapat ridho-Nya dan masuk surga.. Bukan berarti si miskin yang nggak punya apa-apa juga bisa masuk surga.. 

 

Di lingkungan tempat aku biasa nongkrong di kampus, banyak banget temen-temen yang mungkin kata saya (semoga bukan suuzon) terlalu ingin memperlihatkan yang ia punyai di dunia ini..  Dalam suatu Hadis dan Ilmu Fiqh prioritas disebutkan bahwa Kalau Kaya maka bersyukurlah, Kalau Miskin maka bersabarlah, , kaya dan miskin dalam segala elemen..  Karena itu yang menentukan dapat menggapai Ridho  ALLOH adalah bagaimana kita berusaha bersabar dan bersyukur.  Salah satu kesedihan yang terlihat lagi adalah sering banget terjadi omong-omongan nggak penting di lingkungan tempat aku nongkrong di kampus.  Lidah itu berbahaya sekali.. Lidah yang bersuara dapat menghilangkan amalan keikhlasan.  Syukur dan Sabar tadi kalau tidak dikendalikan lidahnya akan sia-sia amalannya kalau disebut-sebut… 

Kadang pengen orang lain tau bagaimana pikiran kita, bagaimana kita telah berusaha, bagaimana kita telah berbuat sesuatu, , tetapi bahaya sebenarnya berbicara tentang sesuatu karena dapat menghilangkan amalan itu.. Karena itu kadang-kadang lebih baik diam, selama tidak menzalimi, , Kadang pengen curhat/orang lain tahu . . Tapi biarlah, , ALLOH maha mengetahui segala isi hati . .

 

Wallahualambishshawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s