umul azmi, tahun kesedihan Rasulullah

Mengingat pergantian tahun baru saja terjadi, terpikirkan pula bagaimana dahulu Rasulullah saw. Menjalani masa demi masa dalam hidupnya. Kalau kita sedang merasa bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh cobaan, mari kita coba membandingkannya dengan apa yang pernah dialami Rasulullah.

Banyak teman-teman yang pada tahun 2010 yang lalu merasa shock karena harus merantau untuk waktu yang entah tak dapat ditebak. Jauh dari keluarga, jauh dari keramaian pulau jawa. Tapi sekali lagi.. Mari bandingkan dengan apa yang sudah dilalui Rasulullah.. Kekasih Alloh.

Bahkan dalam kehidupan rasulullah, terdapat suatu fasa kehidupan dimana dalam satu tahun itu, Alloh memberikan ujian kepada rasulullah. Ujian yang membuat rasulullah sangat bersedih, sehingga tahun itu disebut ‘amul azmi. Bayangkanlah di saat seseorang harus rela orang kesayangannya yaitu istri rasulullah, Khadijah RA harus dipanggil Alloh. Berapa luas kelapangan hati yang harus disediakan seseorang untuk merelakan belahan jiwanya dipanggil Alloh ? Orang yang mempercayai rasulullah sebelum orang-orang lain mempercayainya. Orang yang menjadi tempat berbagi lelah rasulullah.. Sehingga tercipta pertanyaan, “Kalau Siti Khadijah r.a. Tidak meninggal saat itu, apakah rasulullah akan mempunyai isteri yang kedua?” Saking Siti Khadijah r.a. Sudah sangat menjadi belahan jiwa rasulullah saw.

Di tahun kesedihan itu pula, rasulullah kehilangan pamannya yang telah menjaga rasulullah, mendidik rasulullah dari sejak kecil sampai tampak kenabian dalam diri rasulullah. Dan yang lebih menyedihkan lagi yaitu pamannya, yakni Abu Thalib, tidak dapat mengatakan dua kalimat syahadat sampai akhir hidupnya…

Dan saya rasa, Alloh telah menunjukkan hal-hal tersebut sebagai teladan untuk muslimin dan muslimah, agar senantiasa memperkuat hati, menyucikan jiwa, dan ingat selalu kepada Alloh. Karena, setiap manusia mungkin akan dihadapkan pada keadaan yang dimana manusia itu akan merasa kehilangan arah, kehilangan semangat, kehilangan jalan dan segala rencana tampak memburam. Kalau bertemu dengan hal seperti itu, maka ingatlah bahwa Rasulullah pun diberikan ujian kesedihan oleh Alloh..

Wallohualam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s